Jumat, 12 Maret 2010

KAITAN MINDER DAN RAGU

Minder tidak akan muncul jika kita tidak ragu dengan apa yang kita miliki. Orang orang yang yakin cenderung terhindar dari sifat minder. Boleh dikata antara ninder dan ragu ibarat domba dan rumput. Keduanya ada saling keterkaitan.

AA Qowiy
KAITAN MINDER DAN RAGU
Minder tidak akan muncul jika kita tidak ragu dengan apa yang kita miliki. Orang orang yang yakin cenderung terhindar dari sifat minder. Boleh dikata antara ninder dan ragu ibarat domba dan rumput. Keduanya ada saling keterkaitan.
Ketika menjumpai fenomena keraguan seperti ini mungkin kita akan bertanya mengapa seseorang harus mengambil sikap ragu-ragu? Apa tujuan dan manfaatnya orang bersifat seperti itu ¿ apakah ragu itu berguna mendatangkan kemudahan sekaligus menagtasi masalah /kesulitan? Atau apakah kemudian tidak berakibat sebaliknya?
Para peragu sebenarnya tidak berbeda dengan kebanyakan orang lain. Semua orang secara wajar menginginkan kebaikan, sukses, kemudahan, keliru bila sikap ragu itu ditempuh karena mereka tidak ingin sukses, dan mendapatkan kemudahan ; hanya saja mereka sangat takut untuk menempuh resiko ketakutan yang berlebihan pada kegagalan, membuat mereka merasa lebih baik memilih sikap ragu-ragu. Mereka takut salah melangkah lalu menjumpai keburukan di ujung langkah itu.
Mereka mengira bahwa keraguan itu terpuji bermanfaat dan menguntungkan sekali padahal sebaliknya , sikap ragu adalah sesuatu yang buruk dan merugikan bila direnungi lebih mendalam kita akan melihat bahwa banyak kerugian yang akan didapat oleh mereka yang gemar bersikap ragu:
A.Dampak keraguan :
1. sikap ragu menyebabkan orang terlambat bertindak.
2. keraguan menyebabkan orang melakukan perbuatan –perbuatan yang tidak perlu dilakukan ragu-ragu menciutkan hati kita ketika tampil di muka umum . dia jadi meinder dengan keadaan dirinya padahal disaat yang sama dituntut tampil sempurna. Jika kita ragu dengan kemampuan kita, menolak tegas adalah lebih baik dari pada kita menyanggupi nya dengan hati penuh keraguan ketika saatnya tampil , justru kita suguhkan ‘tontonan ‘ yang kurang indah untuk di nikmati.
3. dari kerja yang disertai keraguan tidak akan muncul hasil maksimal
orang yang tidak berkemampuan namun punya pendirian , masih mudah untuk diarahkan dan di bentuk . kita hanya butuh waktu beberapa lama untuk membinanya hingga dia punya kemampuan seperti yang dipharapkan . kekurangan prang seperti ini hanya dalam keterampilan belaka. Hal itu bias dilatih.
Tapi bagi orang yang peragu kekurngan nya pada mentalitasnya. Ini kekurangan yang mendasar , dan untuk menutupi kekurangan ini tidak mudah .
Kebiasaan orang peragu akan membuat orang menjadi pakar dalam penyesalan.
(TENANG DALAM BERTINDAK)
Berfikir yang benar adalah berfikir untuk bertindak. Setelah berfikir satu atau dua resiko yang akan di hadapi , segera di putuskan untuk bertindak. Langkah ini adalah langkah diatas kontrol .bukan layaknya langkah-langkah yang kerap diambil oleh para ‘pendekar mabuk’

Keraguan tidak membawa perubahan baik namun bersikap emosional juga tidak lebih baik.apa artinya keberanian jika berada diatas kekonyolan?tentu yang tepat adalah sikap pertengahan (moderat). Tindakan yang yakin adalah perlu agar di dapat hasil yang nyata. Tetapi perhitungan juga tetap di butuhkan agar diperoleh keselamatan.

Berfikir sebelum bertindak tentu berbeda dengan keraguan, pada sikap ragu-ragu seseorang memang banyak berfikir, mempertimbangkan aneka macam pertimbangan aneka macam pertimbangan-pertimbangan itu kemudian tidak melahirkan suatu tindakan yang jelas.setelah lama berfikir dia tetap berdiri di tempat semula tidak bergerak sama sekali keraguan membuatnya takut untuk bertindak.

Keraguan sama dengan hati-hati dalamn hal adanya proses berfikir sebelum bertindak. Namun antara keadaansadar diri, hak itu berguna menyelamatkan tindakannya. Minimal memperkecil resiko buruk. Semakin lama berfikir semakin banyak informasi yang diketahui. Dampaknya keberanian nya bertambah. Lain halnya dengan sikap ragu , berfikir tidak menghasilkan suatu tindakan yang tegas . semakin dalam seseorang berikir justru semakin membuatnya ketakutan untuk melangkah
(PANDANGAN YANG BENAR MENGENAI KESULITAN)
Dengan mengetahui hakikat kesulitan ini mudah-mudahn cukup meringankan kita dalam mensikapi kesulitan itu sendiri .
1. harus kita sadari bahwa realita hidup yang kita jalani ini adalah pergulatan menghadapi kesulitan
2. kesulitan adalah milik semua orang semua orang dalam dunia ini pasti akan menemukan kesulitan dalam hidupnya sebab kenyatannya semua orang telah memiliki jatah agenda kesulitan sendiri-sendiri.semua orang secara adil kebagian kesulitan hanya bentuk dan kadarnya berbeda-beda.menyadari bahwa kesulitan itu univesal milik semua orag akan membuat kita tidak perlu iri dengan kemudahan oranglain dan kita pun tidak perlu bangga dengan kesusahan mereka rasakan / menimpa mereka.
3. kesulitan adalah sunnatullah, yaitu suatu hukum yang telah allah tetapkan secara permanen . sebab hal ini telah allah tetap kan sebagai liku-liku kehidupan
“dan benarbenar akan kami berikan cobaan pada kalian dengan sesuatu yang berupa kesulitan, kelaparan , dan kekurangan akan harta jiwa dan buah-buahan. Maka berikan kabar gembira bagi orang-orang yang penyabar(Q.S Al-Baqoroh :155 )
4. dibalik kesulitan ada karunia kemudahan .islam mengajarkan bahwa letak kemudahan itu ada dibalik kesulitan “karena sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan(qs. Alamnasyrah :5-6).dengan demikian jika kita mengejar kemudahan , kita harus berani menyongsong kesulitan. Seperti pribahasa :
berakit-rakit kehulu
bernang-renang ketepian
bersakit-sakit dahulu
bersenag-senang kemudian
adapun manfaat dari kesulitan ialah :
1) kesulitan menghasilkan pengetahuan (ilmu, bertambah ilmu manusia bukan karena bertambahnya Volume otak namun karena bertambahnya pengalaman dari waktu-kewaktu, wakau keta punya otak sebesar otak gajah , jika otak itu sendiri lebih banyak disimpan tidak di gunakan untuk mentafakuri hidup ini maka kualitas pengetahuan kita tidak akan bertambah

ingatlah segala kemajuan yang pernah di alami dan di capai manusia haingga sekarang ini merupakan proses dari kesulitan-kesulitanyang telah dipecahkan contohnya kendaraan , dullu manusia meggunakan kuda , karena dirasa harus memberi makan setiap hari lalu berfikir untuk menciptakan kendaraan yang ttidak perlu makanlahirlah sepedah gayuh, dan dirasa lambat, lalu lahirlah sepeda motor, dan motor pun dirasa kan riskan karena tidak bisa melindung dari trik matahari dan derasnya hujan lahirlah mobil.
2) Kesulitan menempa manusia. Tidak bisa di pungkiri bahwa kesulitan akan membuat manusia lebih kuat, sepertihalnya kesulitan yang dialami kepompong pada waktu akan mengelupas dengan bersusah payah menggerak-gerakkan sayapnya untuk keluar dari kepompongn ternyata di balik itu manfa’atnya ialah agar syarap dan ptot-otot yang ada pada sayap nya dapat berfungsi sempurna. Dan jika kita mencoba membukakan kempompongnya maka akan mengalami kelumpuhan permanen dan tidak dapat terbang.
demikian pula dengan kehidupan manusia jika sehari-harinya bergelut dengan kesulitan cenderung lebih kuat dan kreatif .dibanding mereka yang sepanjang hari nya habis untuk santai dan malas-malasan misalnya nonton TV plus ditemani sepiring pisang goring dan secangkir kopi.
3) Kesulitan adalah tangga meraih prestasi.
4) Aneka kesulitan itu menjadi sarana bagi allah untuk memberi balasan pahala bagi hamba-hambanya yang sabar.


0 komentar:

 
© free template by Blogspot tutorial